Daya Tahan ASIP di Pintu Freezer

Bagi bunda yang menggunakan standing freezer alias freezer bukaan depan baik yg full freezer ataupun freezer yang tergabung dengan kulkas 2 pintu, pasti pernah bertanya-tanya mengenai daya tahan ASIP yang disimpan pada bagian pintu freezer.

Secara teknis, freezer akan mulai dingin dari rak yang tertempel plat besi yang dibungkus selang, lalu menjalar ke bagian rak yang lain, ke laci bawah (pada standing freezer) dan kemudian ke pintu. Secara teknis suhu di pintu freezer pasti tidak sedingin suhu pada bagian dalam freezer (sama halnya dengan yang terjadi pada kulkas).

Secara logika, semakin dingin ASIP, semakin lama daya tahan penyimpanannya. Oleh karena itu, daya tahan ASIP di pintu freezer -yang secara teknis bersuhu lebih tinggi daripada ASIP pada bagian dalam freezer- tentunya memiliki daya tahan yang lebih singkat.

Saya pribadi belum sampai pada tahap melakukan penelitian tentang seberapa lama ASIP bisa bertahan pada pintu freezer (ya kali kerjaan gw riset.. Hahaa). Tapi ada sedikit tips dari saya untuk menyiasati hal tersebut, yaituuuuu… Jeng jeng jeng…

Gunakan metode register dengan pola first in first out (berasa anak tekdig banget dah). Gunakan ASIP beku dari bagian dalam freezer terlebih dahulu. Setelah ada slot kosong, geser ASIP pada bagian dalam freezer, pindahkan ASIP dari pintu freezer ke bagian dalam freezer yang kosong tersebut. Simpan ASIP baru pada bagian pintu freezer. Begitu seterusnya. Dengan cara seperti ini, insyaAlloh stok ASIP untuk adek bayi akan tetap bertahan sampe satu tahun (udah pernah dicoba oleh si saya).

Demikian sedikit catatan malam menjelang malam banget dari saya.. Happy breastfeeding.. Yang lagi pumping semangat pumping.. Semoga semakin mengalir deras setelah baca tulisan saya ini.. Aaamiiin..

Advertisements

Bolehkah Mencampur ASIP yang Berbeda Waktu Perahnya?

Tidak ada patokan yang jelas mengenai perbedaan waktu perah yang diizinkan untuk mencampur ASIP. Pada prinsipnya, ASIP yang berbeda waktu perahnya dapat dicampur dengan catatan disamakan dulu suhunya. Ada tiga kemungkinan masa dimana kita mencampur ASIP:

  1. ASIP yang baru saja diperah dari payudara (PD) kanan, dicampur dengan ASIP perahan dari PD kiri, yang ini boleh banget.
  2. Pas pulang kantor, kita bawa oleh-oleh yang volume nya tanggung, misalnya 250 ml (sekitar 2.5 botol). Untuk kasus seperti ini kita bisa mencampur ASIP dingin hasil oleh-oleh yang nanggung tadi, dengan ASIP dingin yg ada di kulkas di rumah, dengan catatan (imho) jangan membekukan ASIP di kantor, karena ada potensi mencair selama perjalanan pulang. Sebaiknya bawa oleh-oleh dalam keadaan dingin.
  3. Mencampur ASIP saat telah dipanaskan. Yang ini juga boleh dilakukan. Biasanya ini dilakukan ketika kita punya ASIP beku/dingin yang udah terlanjur beku setengah botol.

Sependek pengalaman saya, saya paling sering melakukan pencampuran ASIP yang nomor 1 dan nomor 2. Saya akan mencampur ASIP dingin di rumah dan mengukur “jatah” minum adek bayi. Jadi ibu pengasuh tinggal ambil dan angetin aja tanpa harus diribetin sama takaran minum adek bayi.

Ini caraku, mana caramu..?

Hukum Donor ASI

-tika dw- @nitikadw (sumber)

koq kayanya banyak yang antipati sama #donorASI yah..? #donorASI itu boleh asal ngerti hukumnya..

rosulullah pun waktu bayinya disusuin sama wanita lain lhoo.. #donorASI

hukumnya pemberi #donorASI akan menjadi ibu susu si penerima.. status si penerima adalah setara dengan anak kandung (jadi mahrom)

kalau ibu susu punya anak laki2.. lalu men#donorASI kpd anak perempuan, maka keduanya berstatus sbg saudara sepersusuan.. mahrom

lalu kalo si ibu susu juga men#donorASI kpd anak laki2, mka kedua penerima donor juga jadi saudara seibu susu.. mahrom juga..

dihitung sbg anak susu adalah kalau minum minimal 5x tanpa jeda.. kalo dibotolin setara dengan 5 botol.. #donorASI

itulah sebabnya kenapa si pen#donorASI harus selalu keep-in-touch dengan semua anak susunya.. dan si anak harus dikasih tau..

perlu diperhatikan juga riwayat alergi si baby dan ibu susu nya.. krn baby alergi ga bisa sembarangan terima #donorASI

kalau ada bank ASI kaya bank darah, saya tidak setuju.. karena jadi ga jelas lagi siapa pen#donorASI dan siapa saja penerimanya..

dikhawatirkan ada yg ga sengaja dikasih lebih dari 5x dan si anak ga tau kan siapa saja ibu susunya.. #donorASI

jadi untuk para pen#donorASI catet tuh siapa aja anak susunya.. harus ada saksi.. dan penerima donor.. catet tuh siapa aja ibu susunya..

ingat hukum mahrom berlaku.. mahrom tidak boleh dinikahi dan diperbolehkan untuk melihat auratnya.. #donorASI

sekian kultwit saya tentang #donorASI ^^

Tips Menghangatkan ASIP

ASI yang sudah diperah, didinginkan, lalu dibekukan, tidak dapat langsung diberikan begitu saja ke adek bayi. Suhu ASI yang langsung disedot dari gentongnya itu sekitar 35-40 dercel. Jadi, ada baiknya ASIP yang akan diberikan ke adek bayi dihangatkan dulu sampai suhu tersebut.

INGAT..!! Jangan terlalu panas, karena suhu yang terlalu tinggi dapat menyebabkan rusaknya komponen ASI yang berguna untuk tumbuh kembang adek bayi.

Berikut adalah tips menghangatkan ASIP.

  1. ASIP beku dari freezer dapat diturunkan ke kulkas bawah hingga mencair.
  2. Jika setelah dipindahkan ke kulkas bawah ASIP masih belum mencair, ASIP bisa dicairkan dengan cara menyimpan botol ASIP di dalam mangkuk, lalu mangkuk tersebut disimpan di bawah air keran yang mengalir. Tungguin 5 menit cair deh tuh ASIP.
  3. Setelah cair, ASIP masih dalam kondisi dingin. Untuk menghangatkan, jangan memasak ASIP. Apalagi ASIPnya dituang ke wajan, trus dimasak. Ini dapat merusak komponen ASIP. Cara menghangatkan yang benar adalah dengan menaruh di dalam mangkuk berisi air hangat, sambil botol digoyang sedikit demi sedikit agar tercampur merata. Botol juga bisa disimpan di bottle warmer, tapi jangan terlalu panas yah.

Tips dari saya:

  1. Sembari menaruh botol ASIP di bawah air keran yang mengalir, panaskan segelas air di wajan.
  2. Setelah ASIP dalam botol mencair, tuangkan ke botol susu.
  3. Simpan botol susu di atas wajan untuk memanaskan air. Tapi kompornya udah dimatiin yah.
  4. ASIP siap dihidangkan. Yang mau pake botol susu silakan.. yang mau pake cawan juga monggo.
  5. Sepanjang yang saya praktikan.. dengan cara ini menghemat waktu penghangatan ASIP sehingga adek bayi tidak terlalu meronta-ronta karena kelaparan.. 🙂

Manajemen ASIP

Sebagai seorang ibu bekerja yang memiliki bayi di bawah 2 tahun, tentunya sangat mengharapkan bisa memberikan asupan yang terbaik untuk adek bayi, yaitu ASI Eksklusif selama 6 bulan dan dilanjutkan hingga usia 2 tahun. Tapiii.. bagaimana kita dapat memberikan ASI padahal kita ngga bisa full 24 jam terus bersama-sama adek bayi..?

MANAJEMEN ASIP (ASI Perah)

Sebagai ilmu dasar, yang wajib kita ketahui adalah mengenai DAYA TAHAN ASIP. Berapa lama ASIP dapat bertahan sebelum akhirnya dinyatakan basi dan tidak layak untuk dikonsumsi adek bayi?
ASIP fresh (baru banget diperah) hanya bertahan selama 4-6 jam di suhu ruang.
ASIP fresh yang disimpan di kulkas, bisa bertahan selama 5-7 hari.
ASIP beku yang disimpan di freezer 1 pintu (gabung sama kulkas), bisa bertahan selama 1 bulan.
ASIP beku yang disimpan di freezer di kulkas 2 pintu, bisa bertahan selama 3-6 bulan.
ASIP beku yang disimpan di freezer khusus, bisa bertahan selama 1 tahun.
ASIP beku yang dicairkan dan disimpan di kulkas, bisa bertahan selama 24 jam.

manajemen-asip-v1

Nah.. pusing kan.. hehe.. Sekarang mari kita belajar bagaimana mengatur keluar masuknya si ASIP ini. Sayang kan kalo kita udah cape-cape perah terus akhirnya harus berujung di wastafel.. Berikut adalah contoh jadwal perah, penyimpanan, dan pemberian ASIP buat adek bayi.
03.00 memerah ASI, simpan di suhu ruang (ASIP A)
03.00 ambil ASIP E, F, G, H beku dari freezer, simpan di bawah air mengalir (biar cepet cair), simpan di kulkas
05.00 menyusui
07.00 pemberian ASIP A
09.00 memerah ASI, simpan di kulkas (ASIP B)
09.00 pemberian ASIP D (yang hari sebelumnya)
11.00 pemberian ASIP E
12.00 memerah ASI, simpan di kulkas (ASIP C)
13.00 pemberian ASIP F
15.00 memerah ASI, simpan di kulkas (ASIP D)
15.00 pemberian ASIP G
17.00 pemberian ASIP H
19.00 ASIP B dan C, masuk ke freezer, ASIP D disimpan di kulkas di rumah untuk besok.
19.00 menyusui
Manajemen ASIP di atas adalah dengan asumsi sehari adek bayi minum 6 botol, dan hasil perah di kantor hanya 4 botol. Semakin banyak hasil perahan, semakin banyak ASIP yang bisa masuk ke freezer setiap harinya. Manajemen ASIP di atas hanya sebagian contoh yang pernah saya lakukan. Ini tujuannya agar adek bayi tidak hanya merasakan ASIP beku yang dicairkan sepanjang hari. Adek bayi juga bisa merasakan ASIP fresh, dan ASIP yang belum beku.

Trus kalo melebihi waktu pedoman di atas gimana..? Tenang Bunda.. waktu di atas hanya pedoman. Untuk membuktikan ASIP basi atau tidak, adek bayi bisa membedakannya sendiri. Adek bayi pasti akan menolak ASIP basi (tapi penolakan adek bayi bisa jadi bukan hanya karena ASIP basi lho yaa..). Sebelum diberikan kepada adek bayi, kita bisa menciumnya terlebih dahulu. ASIP basi berbau asam (bukan tengik). ASIP basi juga terlihat dari pecahnya lapisan lemak pada ASIP. Untuk mengetahui ASIP basi seperti apa, kita bisa melakukan percobaan sendiri dengan membiarkan sedikit saja ASIP di ruang terbuka hingga basi. Ini penting dilakukan agar kita mengetahui perbedaan ASIP basi dan ASIP yang masih layak dikonsumsi.