puASI, Puasa sambil Menyusui

Puasa sambil menyusui..?? Kenapa tidak..?? Dari sisi medis, tidak ada penelitian yang menyebutkan bahwa ibu yang berpuasa akan menghalangi proses menyusui. Tapii.. sebelum memutuskan untuk berpuasa selama fase menyusui ini, yuk kita perhatikan dulu beberapa hal di bawah ini.

  1. Pastikan kondisi Ibu dan adek bayi sehat. Kan ngga mungkin ya kalo ibunya sakit masih memaksakan puasa. Jangankan yang menyusui, yang ngga menyusui aja kalo sakit boleh ngga puasa. Pastikan kondisi adek bayi juga sehat, karena adek bayi yang kurang sehat perlu untuk mimik ASI lebih banyak. Yaaa.. ngga apa-apa sih.. cuma lemes aja ibunya.. hehe..
  2. Atur waktu makan dan minum. Karena sekitar selama 13 jam Ibu berpuasa,maka Ibu harus mengatur jam makan dan minumnya nih. Makan sahur jangan sampe ngga (ya iyalah). Makan di waktu berbuka disegerakan (biar ngga terlalu begah), karenaaa sehabis tarawih Ibu harus makan lagi (kalo di kamus ambu, HARUS).
  3. Atur juga makanan dan minuman yang dikonsumsi. Perbanyak minum. Kalau biasa 2 liter sehari, ditambah porsinya jadi 3 liter sehari. Bangun tidur 1 gelas, sehabis makan sahur 1 gelas, sebelum imsak 1 gelas, saat berbuka 1 gelas, sehabis makan 1 gelas, sebelum tarawih 1 gelas, sehabis tarawih 1 gelas, sehabis makan lagi 1 gelas, sebelum tidur 1 gelas. Udah banyak kan tuh, ditambah minum jus, susu, dan kuah lainnya. Perbanyak juga makan sayuran dan buah, salah satunya kurma. Selain baik untuk kesehatan, juga menambah cairan di dalam tubuh. Kalo ambu nih (kalo ambu) masih harus banyak makan nasi biar ASI tetap deras mengalir.. hehe.. ini bisa beda-beda di setiap orang yaa..
  4. Jaga keseimbangan hidup. Karena kita akan lebih banyak terjaga di malam hari, usahakan bisa istirahat siang di kantor. Kalo perlu pake pompa elektrik dulu biar bisa sambil bobo pumping nya. Yang biasa bawa kendaraan sendiri, beralihlah ke kendaraan umum (atau nebeng.. haha.). Capek boo.. bulan ramadhan jalanan akan jauh lebih macet dari biasanya. Dan disiplinlah untuk segera pulang kalo udah ngga ada kegiatan di kantor, kurangi buka bersama di luar rumah (hidupp geng tenggooo!!!). Karenaaa.. semakin lama meninggalkan adek bayi, semakin banyak pula stok ASIP yang digunakan, yang artinya menambah PR kita untuk meningkatkan produksi.
  5. Perbanyak stok.. bukan berarti ngga pede yaa.. tapi lebih baik berjaga-jaga agar bisa lebih fokus menjalani ibadah ramadhan tanpa dikejar-kejar stok.
  6. Percaya Allah, percaya diri, dan berdoa agar selalu diberi kekuatan. InsyaAllah, Allah tidak akan memberikan cobaan di luar kemampuan hamba-Nya (tsaaahh), apalagi puasa ini bukan hanya sekedar cobaan, tapi kewajiban bagi setiap orang yang beriman.

Terkadang, kuat atau ngga nya puasa itu tergantung dari mindset. Visualisasikan untuk puasa sampe magrib, setiap hari, dan hari kemenangan akan memilih siapa juaranya.

@ambubabafreezer
http://www.rentalfreezer.com

Advertisements

Freezer Khusus ASI, Sewa atau Beli?

Nahhh.. ini nih pertanyaan sebagian besar mahmud (terutama) yang bekerja tapi ingin memberikan yang terbaik untuk adek bayi. Ambu ngga mentang-mentang sewa-in freezer khusus ASI trus tetiba maksa Ayah Bunda sewa lho yaa.. hehe.. Bisa dipertimbangkan dulu hal-hal di bawah ini.

  1. Ayah Bunda bisa memanfaatkan freezer yang ada di rumah. Bisa freezer di kulkas 1 pintu, ataupun freezer di kulkas 2 pintu. Kalau freezer di kulkas 1 pintu, ASIP hanya bertahan 7 hari aja. Tapi kalo freezer di kulkas 2 pintu, masih bisa bertahan sampai 3 bulan. Pake freezer yang ada ini cocok buat Bunda yang produksi ASI nya ngga terlalu banyak, tapi muter dan konsisten. Kalo kaya gini mah ngga usah sewa ngga apa-apa. Freezer di kulkas 2 pintu masih bisa menampung 30-40an botol ASIP.
  2. Beli freezer, biasanya ini dilakukan kalo udah pede nih produksi ASI akan melimpah dan konsisten untuk lebih dari 1 tahun. Kadang ada beberapa Ayah Bunda yang sewa dulu freezer nya, trus pas udah pede, baru beli sendiri. Beli juga ngga harus baru lhoo.. Banyak koq yang jual second. Kalo kita telaten nyarinya, bisa juga dapetin freezer second kondisi bagus dan harga miring. (Yang mau beli freezer second, boleh juga nih tanya-tanya Ambu).
  3. Sewa freezer khusus ASI, biasanya ini dilakukan karena belum yakin kalo produksi ASI nya melimpah atau belum tau sampai kapan ASI akan terus melimpah. Bisa saja sekarang pas adek bayi masih kecil produksi ASI melimpah sampe butuh 2 freezer (amin), tapi pas baby udah 9 bulan misalnya, produksi ASI mulai berkurang, dan stok pun bisa dialihkan ke freezer yang ada di rumah. Kalo kejadiannya begini, perhitungan sewa tentu akan lebih ekonomis daripada beli second sekalipun. Sewa freezer ASI juga cocok untuk rumah minimalis (mini dalam arti yang sebenarnya) dimana ruang penyimpanan ngga banyak sehingga pas udah ga butuh freezernya, ga pusing-pusing lagi jualnya. Atau cocok juga untuk yang rumahnya ngga mini tapi ngga mau diribetin sama urusan cari freezer dan jual second nya.

Kata orang pinter, “sesuatu yang pasti itu adalah ketidakpastian itu sendiri”. Jadi bisa dipertimbangkan deh yang mana yang lebih ekonomis menurut dompet masing-masing.

Nasib ASIP ketika Listrik Mati

LISTRIK, adalah sahabat setia kita semua. Dengan listrik lah ASIP yang dikumpulkan dengan susah payah bisa bertahan hingga berbulan-bulan. Memang akan ada cost yang dikeluarkan untuk biaya listrik, tapi rasanya itu ngga seberapa dibandingkan dengan manfaat yang akan dirasakan oleh adek bayi saat mendapatkan ASI Eksklusif.

Terusss.. gimana kalo tetiba listrik di rumah bermasalah..?

Permasalahan listrik bisa disebabkan oleh beberapa hal. Pertama, putusnya aliran listrik dari PLN (bae baee sama PLN). Biasanya hal ini terjadi ketika adanya bencana alam seperti banjir, pemadaman listrik bergilir akibat kerusakan gardu,  atau pun saat ada maintenance/upgrade jaringan listrik PLN. Kedua, permasalahan listrik yang diakibatkan oleh colokan/soket/steker listrik di rumah kita. Saya pernah ngalamin permasalahan kedua ini beberapa kali, sampe beberapa kali ganti colokan/sambungan listriknya.

Ketika hal tersebut menimpa anda, hal yang harus dilakukan pertama kali adalah JANGAN PANIK. Jangan terlalu sering buka tutup pintu freezer. Buka tutup akan menyebabkan banyaknya aliran udara yang berputar ke dalam freezer sehingga mempercepat mencairnya ASIP. Cek koneksi listriknya, pastikan tidak ada masalah. Jika memang putusnya hubungan listrik disebabkan oleh kerusakan colokan, segera ganti colokan/sambungannya. Jika ternyata bukan karena colokan, dan dirasa waktu freezer menyala akan masih lama, maka segera lakukan langkah penyelamatan ASIP. Pindahkan ASIP ke freezer yang gabung sama kulkas bunda. Kalo ngga cukup, pinjem freezer tetangga. Kalo mati listriknya sekomplek, segera cari minimarket terdekat yang pake genset. Pokonya lakukan langkah apapun untuk bisa menyelamatkan ASIP.

ASIP beku yang mencair dengan inti beku yang masih tersisa di dalam botol masih bisa dibekukan kembali. Jadi ngga usah khawatir. Jika mendapatkan ASIP yang sudah mencair sempurna, bisa diminumkan segera. Jangan terlalu parno ASIP jadi basi, lakukan percobaan untuk mengetahui perbedaan ASIP basi dan tidak.

Sebelum hal itu terjadi, lakukan langkah pencegahan. Saat pertama kali menyalakan freezer, buatlah es batu sebanyak-banyaknya. Kondisikan freezer di dalam selalu penuh karena semakin penuh, semakin sedikit udara yang berputar. Es batu ini akan memperpanjang masa beku di dalam freezer. Selain itu, hal ini juga berguna untuk memastikan freezer yang akan digunakan dalam kondisi prima dan dapat membekukan dengan baik.

Terakhir, jika ternyata freezer mati karena kerusakan freezer yang bukan disebabkan oleh kelalaian penggunaan atau digigit binatang pengerat, maka Rental Freezer Ambubaba akan segera mengganti unit dalam 1×24 jam.