puASI, Puasa sambil Menyusui

Puasa sambil menyusui..?? Kenapa tidak..?? Dari sisi medis, tidak ada penelitian yang menyebutkan bahwa ibu yang berpuasa akan menghalangi proses menyusui. Tapii.. sebelum memutuskan untuk berpuasa selama fase menyusui ini, yuk kita perhatikan dulu beberapa hal di bawah ini.

  1. Pastikan kondisi Ibu dan adek bayi sehat. Kan ngga mungkin ya kalo ibunya sakit masih memaksakan puasa. Jangankan yang menyusui, yang ngga menyusui aja kalo sakit boleh ngga puasa. Pastikan kondisi adek bayi juga sehat, karena adek bayi yang kurang sehat perlu untuk mimik ASI lebih banyak. Yaaa.. ngga apa-apa sih.. cuma lemes aja ibunya.. hehe..
  2. Atur waktu makan dan minum. Karena sekitar selama 13 jam Ibu berpuasa,maka Ibu harus mengatur jam makan dan minumnya nih. Makan sahur jangan sampe ngga (ya iyalah). Makan di waktu berbuka disegerakan (biar ngga terlalu begah), karenaaa sehabis tarawih Ibu harus makan lagi (kalo di kamus ambu, HARUS).
  3. Atur juga makanan dan minuman yang dikonsumsi. Perbanyak minum. Kalau biasa 2 liter sehari, ditambah porsinya jadi 3 liter sehari. Bangun tidur 1 gelas, sehabis makan sahur 1 gelas, sebelum imsak 1 gelas, saat berbuka 1 gelas, sehabis makan 1 gelas, sebelum tarawih 1 gelas, sehabis tarawih 1 gelas, sehabis makan lagi 1 gelas, sebelum tidur 1 gelas. Udah banyak kan tuh, ditambah minum jus, susu, dan kuah lainnya. Perbanyak juga makan sayuran dan buah, salah satunya kurma. Selain baik untuk kesehatan, juga menambah cairan di dalam tubuh. Kalo ambu nih (kalo ambu) masih harus banyak makan nasi biar ASI tetap deras mengalir.. hehe.. ini bisa beda-beda di setiap orang yaa..
  4. Jaga keseimbangan hidup. Karena kita akan lebih banyak terjaga di malam hari, usahakan bisa istirahat siang di kantor. Kalo perlu pake pompa elektrik dulu biar bisa sambil bobo pumping nya. Yang biasa bawa kendaraan sendiri, beralihlah ke kendaraan umum (atau nebeng.. haha.). Capek boo.. bulan ramadhan jalanan akan jauh lebih macet dari biasanya. Dan disiplinlah untuk segera pulang kalo udah ngga ada kegiatan di kantor, kurangi buka bersama di luar rumah (hidupp geng tenggooo!!!). Karenaaa.. semakin lama meninggalkan adek bayi, semakin banyak pula stok ASIP yang digunakan, yang artinya menambah PR kita untuk meningkatkan produksi.
  5. Perbanyak stok.. bukan berarti ngga pede yaa.. tapi lebih baik berjaga-jaga agar bisa lebih fokus menjalani ibadah ramadhan tanpa dikejar-kejar stok.
  6. Percaya Allah, percaya diri, dan berdoa agar selalu diberi kekuatan. InsyaAllah, Allah tidak akan memberikan cobaan di luar kemampuan hamba-Nya (tsaaahh), apalagi puasa ini bukan hanya sekedar cobaan, tapi kewajiban bagi setiap orang yang beriman.

Terkadang, kuat atau ngga nya puasa itu tergantung dari mindset. Visualisasikan untuk puasa sampe magrib, setiap hari, dan hari kemenangan akan memilih siapa juaranya.

@ambubabafreezer
http://www.rentalfreezer.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s