Media Penyimpanan ASIP

Sekarang mari kita belajar tentang media penyimpanan ASIP. Sebetulnya penggunaan media ini kembali lagi ke kenyamanan setiap bunda yang menjalani keseharian dunia perpumpingan. Saya hanya ingin sedikit berbagi tentang sedikit tips dalam penggunaan media penyimpanan ASIP.

Dalam memilih media penyimpanan ASIP, tentu saya memilih yang paling hemat dan paling praktis menurut saya, walaupun pada kenyataannya kenyamanan dan kepraktisan ini sedikit bertolak belakang. Ada 3 jenis media penyimpanan ASIP yang pernah saya gunakan, yaitu: 1. Botol kaca, 2. Botol plastik, 3. Plastik ASIP.

1. Botol kaca, harganya cukup murah untuk penggunaan berulang. Untuk perputaran setahun, kita memerlukan sekitar 100 botol kaca. Untuk botol kaca ini saya memilih menggunakan botol kaca rekondisi dan botol kaca dari carolus. Saya memilih kedua jenis botol tersebut karena harganya relatif murah (3000 u/ botol kaca rekondisi dan sekitar 4000 u/ botol kaca carolus), kemudahan penyimpanan, dan kemudahan dalam membersihkan. Terutama botol kaca carolus yang bermulut lebar sehingga sangat memudahkan untuk dibersihkan. Kekurangannya botol kaca ini agak berat untuk dibawa dalam perjalanan ke kantor. Dan medan kantor-rumah yang kadang kurang bersahabat agak mengkhawatirkan botolnya pecah atau tutup kurang kencang yang menyebabkan ASIP tumpah.

2. Botol Plastik, saya menggunakan botol plastik yang BPA free. Bebas saja sebenarnya botol plastik yg dapat digunakan. Kalau saya memilih botol plastik yg ukurannya pas dengan perolehan saya di kantor. Karena botol plastik ini saya gunakan untuk menampung ASIP di kantor, dibawa pulang, dan digunakan untuk menyimpan ASIP cair untuk diminum adek bayi. Saya tidak menggunakan botol plastik untuk membekukan ASIP. Sayang aja sih, butuh banyak botol dan banyak pengeluaran juga. Dengan menggunakan botol plastik selama dalam perjalanan kantor-rumah, saya tidak terlalu khawatir botol pecah atau ASIP tumpah karena tutup botol plastik diputar sehingga botol lebih mengunci. Saya cukup punya 8 botol ASIP untuk perputaran ASIP cair saya.

3. Plastik ASIP, sebetulnya harganya tidak terlalu mahal juga, kalo pinter nyarinya bisa dapet yang 1500an/pcs nya. Tapi plastik ASIP ini hanya bisa digunakan satu kali saja. Dibanding botol kaca yang bisa muter tiap bulan pasti lebih mahal habisnya. Misal sehari 5 kantong, sebulan 100 kantong, total 150rb/bulan. Enaknya kalo pake plastik ASIP lebih praktis, ngga perlu cuci cuci, dan memiliki ruang penyimpanan yang lebih luas. Saya menggunakan plastik ASIP ini hanya ketika sedang traveling. Jadi ngga mahal mahal banget lah yaa..

Di Rental Freezer Ambubaba, kalo sewa minimum 3 bulan dapet free pemakaian botol kaca rekondisi 50 pcs lhoo.. Lumayan kan hemat 150rb an dan ga bingung lagi botolnya mau dikemanain/untuk apa kalo botolnya udah ngga kepake lagi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s