Bolehkah Mencampur ASIP yang Berbeda Waktu Perahnya?

Tidak ada patokan yang jelas mengenai perbedaan waktu perah yang diizinkan untuk mencampur ASIP. Pada prinsipnya, ASIP yang berbeda waktu perahnya dapat dicampur dengan catatan disamakan dulu suhunya. Ada tiga kemungkinan masa dimana kita mencampur ASIP:

  1. ASIP yang baru saja diperah dari payudara (PD) kanan, dicampur dengan ASIP perahan dari PD kiri, yang ini boleh banget.
  2. Pas pulang kantor, kita bawa oleh-oleh yang volume nya tanggung, misalnya 250 ml (sekitar 2.5 botol). Untuk kasus seperti ini kita bisa mencampur ASIP dingin hasil oleh-oleh yang nanggung tadi, dengan ASIP dingin yg ada di kulkas di rumah, dengan catatan (imho) jangan membekukan ASIP di kantor, karena ada potensi mencair selama perjalanan pulang. Sebaiknya bawa oleh-oleh dalam keadaan dingin.
  3. Mencampur ASIP saat telah dipanaskan. Yang ini juga boleh dilakukan. Biasanya ini dilakukan ketika kita punya ASIP beku/dingin yang udah terlanjur beku setengah botol.

Sependek pengalaman saya, saya paling sering melakukan pencampuran ASIP yang nomor 1 dan nomor 2. Saya akan mencampur ASIP dingin di rumah dan mengukur “jatah” minum adek bayi. Jadi ibu pengasuh tinggal ambil dan angetin aja tanpa harus diribetin sama takaran minum adek bayi.

Ini caraku, mana caramu..?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s